OJK Pedia - T3

Istilah Deskripsi
Tingkat Tabungan tingkat rata-rata tabungan dibandingkan dengan pendapatan masyarakat (saving rate).
Tingkat Upah jumlah upah yang dibayarkan berdasarkan satuan ukuran kerja, misalnya satuan waktu, seperti harian, mingguan, atau satuan hasil, seperti pengapuran dinding per m2, penggalian tanah per m3, dan menjahit baju per potong (wage rate).
Titik Emos batas tertinggi dan terendah nilai tukar kurs mata uang dalam sistem moneter standar emas (gold point).
Titik Emas Ekspor batas tertinggi nilai tukar kurs mata uang antara dua negara yang menggunakan sistem moneter standar emas; pada kurs tertinggi lebih menguntungkan jika dilakukan pembayaran dengan mengekspor emas (gold exporting point).
Titik Emas Impor batas terendah nilai tukar kurs mata uang antara dua negara yang menggunakan sistem moneter standar emas; pada kurs tertinggi lebih menguntungkan jika dilakukan pembayaran dengan mengimpor emas (gold import point).
Titip - Penitipan penyerahan barang kepada seseorang yang dipercaya dengan syarat barang tersebut akan dikembalikan apabila tujuan penjaminan atas barang tersebut telah selesai dilaksanakan; penyimpan bertanggung jawab atas keamanan barang yang disimpankan tersebut (bailment).
Toko Barang Ternama pengecer yang menjual jenis barang tertentu, terutama barang ternama, misalnya toko pengecer yang mengkhususkan diri dalam menjual makanan kaleng, kue dan roti, dan beberapa merek tertentu dan suatu jenis barang (specialty store).
Tolak - Penolakan Kredit penolakan aplikasi kredit clisertai alasan penolakannya secara tertulis; di Indonesia, penolakan aplikasi kredit tidak selamanya disertai dengan alasan penolakan secara tertulis (credit denial).
Tolak Bayar penolakan pembayaran oleh pemegang kartu bank atau bank penerbit atas tagihan yang dilakukan atau diterima dari merchant atau merchant bank karena tidak sesuai dengan transaksi yang sebenarnya atau bukti pendukung; lembar tagihan akan dikembalikan oleh nasabah pemegang kartu kepada bank apabila transaksi tidak diproses semestinya, atau transaksi tersebut tidak pernah dilakukan oleh pemegang kartu; visa dan master card mempunyai peraturan terperinci untuk menangani penolakan pembayaran (charge back).
Tolak Berpendapat lihat laporan audit (adverse of opinion).
Tolak Nirpendapat lihat laporan audit (disclaimer of opinion).
Tolok Ukur patokan yang dipakai untuk mengukur hasil pekerjaan (yard stick).
Tom Next diversifikasi transaksi swap, biasanya disebut juga dengan swap sintetik (synthetic swap), yaitu transaksi swap yang penyerahannya dilakukan satu hari setelah besok; tujuan transaksi ini bukan untuk perdagangan (trading), tetapi untuk menutup likuiditas (tomorrow next).
Transaksi perjanjian antara dua pihak atau lebih yang menimbulkan hak dan kewajiban, misalnya jual beli, dan sewa menyewa (transaction).
Transaksi Berjangka kontrak jual beli valuta asing yang tidak diikuti pergerakan dana yang dilakukan pada tempat, jangka waktu, dan jumlah tertentu dengan kurs pada akhir kontrak (futures).
Transaksi Berkesinambungan transaksi perdagangan yang lengkap; penjualan surat berharga atau barang yang dibeli sebelumnya, atau pembelian barang untuk menutup penjualan sebelumnya (round transaction).
Transaksi Derivatif transaksi yang nilainya merupakan turunan dan nilai instrumen yang mendasar seperti suku bunga, nilai tukar, komoditas, ekuitas, dan indeks, bàik yang diikuti dengan pergerakan maupun tanpa pergerakan dana atau instrumen (derivatives transaction).
Transaksi Nirkertas pencatatan transaksi perbankan berdasarkan adanya instruksi penyetoran atau pembayaran melalui media telepon atau terminal komputer (paperless transaction).
Transaksi Outright transaksi jual beli surat berharga pasar uang (SBPU) atas dasar sisa jangka waktu SBPU tanpa kewajiban untuk membeli kembali sebelum jatuh tempo (outright transaction).
Transaksi Rekening Administratif transaksi pemberian atau penerimaan komitmen atau jasa bank lainnya yang belum mengubah posisi aktiva dan pasiva bank pada saat tanggal laporan keuangan bank, tetapi harus dilaksanakan oleh bank apabila persyaratan yang disepakati berlaku efektif (off balance sheet transaction).
Transaksi Spot pembelian atau penjualan mata uang asing yang waktu penyerahannya (settlement) dilakukan dalam dua hari kerja (spot transaction).
Transfer kiriman uang yang diterima bank termasuk hasil inkaso yang ditagih melalui bank tersebut yang akan diteruskan kepada bank lain untuk dibayarkan kepada nasabah (transfer).
Transfer Dana Elektronis transfer dana antarakun dengan menggunakan media elektronik (tidak melalui metode konvensional yang menggunakan kertas); saat ini terdapat dua kategori penggunaan, yaitu (1) transfer dana dalam jumlah besar yang biasa dilakukan antarbank dan bank sentral; jenis transfer ini biasa dikenal dengan nama wholesale transfer, (2) transfer dana (biasanya dalam jumlah kecil) untuk kepentingan sistem pembayaran individual nasabah seperti transaksi ATM, kartu kredit, dan produk perbankan lain (electronic funds transfer).
Transfer Dana Otomatis kesepakatan antara bank dan pemilik dana untuk melakukan pemindahan otomatis atas dana yang ditanamkannya pada kondisi tertentu untuk mendapatkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi; misalnya, terdapat kesepakatan antara bank dan pemegang akun untuk menjaga jumlah dana pada level tertentu; jika jumlah dana tersebut melebihi jumlah dana yang disepekati, secara otomatis kelebihan dana tersebut akan dipindahbukukan ke dalam akun dengan tingkat suku bunga yang lebih menguntungkan (automatic transfer fund).
Transfer Per Telepon transfer dana dari satu akun ke akun lain yang dilakukan dengan perintah melalui telepon (transfer by phone).
Transfer Tak Sah penarikan tunai atau transfer dana dan suatu akun secara tidak sah karena bukan dilakukan oleh pemilik akun atau pihak yang diberi kuasa; transfer tidak sah ini dapat terjadi pula karena penyalahgunaan kartu debit (unauthorized transfer).
Transportasi kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa angkutan barang atau orang, baik di darat, laut, sungai maupun di udara, seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus, taksi, perahu tambang, pelayaran, dan penerbangan (transportation).
Trust 1. perusahaan berskala besar atau grup usaha yang memonopoli atau hampir memonopoli seluruh kegiatan produksi atau distribusi barang atau jasa tertentu; 2. kumpulan aset yang dipercayakan kepada pihak pengelola (trustee) untuk memperoleh penghasilan (trust).
Tumpang Tindih keadaan yang menunjukkan bahwa satu pekerjaan yang sama dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok sehingga menghasilkan pekerjaan kembar atau ganda (overlapping).
Tumpuk - Penumpukan Utang pinjaman yang diperpanjang, biasanya, digunakan untuk melunasi pinjaman sebelumnya; praktik demikian akan lebih memperburuk keadaan keuangan peminjamnya, bahkan sampai terpuruk, dan dapat dinyatakan pailit (pyramid debt).
Tunai Praserah 1. penarikan tunai yang diterima oleh pemilik kartu kredit dengan cara menunjukkan kartu kreditnya kepada bank atau melalui surat permintaan; 2. pembayaran yang dikeluarkan oleh pembeli sebelum barang yang dibeli diterima (cash in advance).
Tunda - Penundaan Hak penundaan atas hak kepemilikan dan hak untuk menikmati manfaat suatu barang hingga dipenuhinya suatu prestasi (vested remainder).
Tunda - Penundaan Pembayaran penangguhan pembayaran atas utang-utang debitur yang sudah boleh ditagih untuk menghindari kepailitan; penangguhan itu terjadi atas permintaan debitur dengan persetujuan pengadilan dan di bawah pengawasan orang-orang yang diangkat oleh hakim (suspension of payment).
Tunggak - Tunggakan utang atau kewajiban lain yang telah jatuh tempo menurut perjanjian, tetapi belum atau tidak dilakukan pembayaran sepenuhnya atas utang atau kewajiban tersebut oleh pihak yang berutang atau yang harus memenuhi kewajiban tersebut (arrears; delinquency).
Tunggak - Tunggakan Angsuran Pokok angsuran pokok dari suatu kredit dengan angsuran yang setelah tanggal jatuh tempo masa angsurannya belum dibayar; kredit anuitas angsuran pokok terdiri atas pokok dan bunga (installment arrears).
Tunggak - Tunggakan Aplikasi banyaknya pesanan atau permohonan kredit yang diterima oleh perusahaan atau lembaga pemberi kredit pada saat tertentu, yang belum dapat dipenuhi atau belum diputuskan persetujuan atau penolakannya (backlog).
Tunggak - Tunggakan Bunga tunggakan dari bunga kredit atau balas jasa lainnya, baik kredit dengan angsuran maupun tanpa angsuran yang telah jatuh tempo (interest arrears).
Tunggak - Tunggakan Pokok tunggakan dan pokok kredit tanpa angsuran yang telah jatuh tempo (principal arrears).
Tunjangan pendapatan tambahan pegawai di luar gaji atau upah (fringe benefit).
Turun - Penurunan Harga Jual 1. jumlah yang dikurangkan dari harga jual apabila seorang pelanggan menjual surat berharga kepada dealer di bursa paralel (over the countery) andaikan surat berharga dibeli dan dealer, pelanggan harus membayar mark up atau jumlah yang ditambahkan pada harga beli; 2. pengurangan dalam harga yang ditawarkan oleh penanggung untuk obligasi pemerintah setelah pasar menunjukkan kekurangan minat beli pada harga orisinal; 3. penyesuaian ke bawah dan nilai sekuritas oleh bank dan perusahaan investasi, didasarkan pada penurunan dalam penawaran pasar; 4. pengurangan dan harga jual eceran asli, yang ditentukan dengan menambahkan suatu faktor yang disebut mark on, pada biaya barang dagangan; apa saja yang ditambahkan pada mark on dimasukkan kenaikan harga (mark up) dan istilah mark down tidak berlaku kecuali harga diturunkan di bawah harga jual asli (mark down).
Turun - Penurunan Kelonggaran Tarik penurunan fasilitas kredit yang disediakan akibat adanya penarikan sebagian fasilitas tersebut oleh debitur; misalnya, debitur menarik sebagian pinjaman sebesar Rp 40.000.000,00 dan fasilitas kredit yang disediakan sebesar Rp 200.000.000,00 (take down).
Turun - Penurunan Nilai mengevaluasi kembali nilai buku suatu harta (surat berharga atau sekuritas, pinjaman, atau aktiva Iainnya) pada saat harga pasarnya lebih rendah daripada nilai buku harta tersebut; surat berharga yang dapat diperdagangkan harus disesuaikan nilainya dengan harga pasar yang berlaku secara harian (write down).
Turun - Penurunan Nilai Dasar mengurangi kualitas, kemurnian, atau kandungan logam dan mata uang logam (debase).
Tutup - Penutupan Beban Tetap rasio keuntungan yang diperhitungkan sebelum pembayaran bunga dan pajak pendapatan dibandingkan dengan bunga surat berharga serta kewajiban jangka panjang lainnya; hal itu memberikan indikasi jumlah pembebanan bunga yang diperhitungkan perusahaan sebagai dasar pembayaran pajak di muka (fixed-charge coverage).
Total Likuiditas Tersedia (Net) penjumlahan dari net perubahan faktor otonom (antara lain net aliran masuk dan keluar uang kartal dan mutasi rekening pemerintah di Bank Indonesia), net instrumen Operasi Pasar Terbuka (OPT) jatuh waktu, dan net perubahan giro perbankan di Bank Indonesia.
Tight Bias kebijakan moneter yang cenderung ketat.
Treasury Single Account pengelolaan kas yang bertujuan untuk menciptakan efisiensi keuangan negara melalui sentralisasi saldo kas berdasarkan best practices.

Tidak ada komentar: