OJK Pedia - T2

Istilah Deskripsi
Tebusan utang yang dapat dibayar; penebusan gadai, pembayaran kembali pinjaman kepada rumah gadai dan mendapatkan kembali barang atau barang bergerak yang dijaminkan; obligasi yang dapat ditebus atau saham, yaitu saham preferen, surat utang dan saham pemerintah yang dapat ditebus pada masa yang akan datang (redeemable).
Teknik Audit teknik pengumpuian data yang dilakukan oleh auditor untuk memperoleh bukti audit (audit technics).
Teknologi Sistem Informasi (Tsi) teknologi yang tidak terbatas pada penggunaan sarana komputer, tetapi meliputi pemrosesan data, aspek keuangan, pelayanan jasa sejak perencanaan, standar dan prosedur, serta organisasi dan pengendalian sistem informasi (technology information system).
Telaah Waktu Dan Gerak penelitian atas waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk mengerjakan tugas tertentu untuk menemukan cara kerja yang paling efisien (time and motion study).
Teliti - Penelitian Silang pengontrolan untuk menentukan kebenaran hasil dengan cara membandingkan dua program yang berlainan untuk memastikan ketepatan jumlah melalui pendekatan matematis; misalnya, jumlah sisi debit sama dengan jumlah sisi kredit pada akhir bulan (crossfooting).
Teller petugas bank yang bertanggung jawab untuk menerima simpanan, mencairkan cek, dan memberikan jasa pelayanan perbankan lain kepada masyarakat; tanda tangan kasir diperlukan sebagai tanda sah suatu dokumen transaksi; pada lembaga keuangan, pada umumnya kasir bekerja di belakang gerai (counter), pada bank besar telah ditetapkan tugas dan fungsi kasir berdasarkan uraian tugas, misalnya seorang kasir memproses penerima simpanan yang diterima lewat surat, menyimpan, dan mencatat seluruh bukti penyimpanan dan pembayaran dari setiap nasabah; kasir (teller).
Teller Kepala teller atau kasir bank yang tugasnya meliputi mengawasi kasir lain, mengawasi uang tunai di laci kasir, menyiapkan laporan kas harian untuk pembukuan, dan membantu kasir lain untuk menemukan selisih jika pada akhir hari debit dan kredit tidak seimbang; tugas tersebut bervariasi menurut jenis lembaga keuangan (head teller).
Teller Pembayar karyawan bank yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembayaran dana kepada nasabah (paying teller).
Teller Penerima teller yang berfungsi sebagai penerima deposito atau tabungan di loket dan nasabah secara tunai; tugas teller ini berlawanan dengan tugas teller pembayar; penerimaan dari loket teller penerima ini dapat berupa setoran dalam bentuk tunai, cek, wesel, atau kupon yang jatuh tempo (receiving teller).
Teller Surat kasir bank yang bertanggung jawab untuk menerima, memilah, dan menyetujui setoran yang masuk melalul surat; pada bank yang lebih besar, setoran dan nasabah dan koresponden sama banyaknya dengan jumlah setoran yang langsung diterima di meja kasir; pengetahuan administrasi yang cukup atau memadai diperlukan untuk memperhatikan perincian yang perlu agar dapat mengerjakan setoran tersebut dengan benar; hal itu merupakan tugas kasir surat untuk mengawasi pekerjaan tersebut bagian terbesar dan tugas itu ialah memilah cek berdasarkan setiap agen pengumpulnya dan menyetujui setoran tersebut dengan melampirkan lembar setorannya; beberapa dari padanya akan ditagih melalui lembaga kliring, lainnya melalui caraka atau pembawa pesan (messenger); bagian transfer dan biayanya akan dibebankan pada rekening nasabah; biasanya, kasir ini juga mencatat pos lembaga kliring di antara bermacam macam lembaga kliring dan pertukaran tersebut dibebani biaya (mail teller).
Tempat - Penempatan penanaman dana bank pada bank atau lembaga keuangan lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dalam bentuk pinjaman antarbank (interbank calI money), tabungan, deposito berjangka, dan bentuk lain untuk memperoleh penghasilan (placement).
Tenaga Pelaksana pekerja yang menggunakan tenaga fisik dalam melakukan pekerjaannya; biasanya, sifat pekerjaan buruh kasar tidak memerlukan keahlian khusus (blue-collar worker).
Tenan 1. pemilik atau pengguna atau penyewa properti atau real estate; 2. pemilik sebagian dan suatu jenis surat berharga (tenant).
Tenggang Pesan Barang jangka waktu pesanan hingga tibanya barang di gudang pembeli (lead time).
Tenggang Waktu waktu yang disebutkan dalam perjanjian, yaitu waktu pada saat penjanjian disepakati sampai dengan tanggal pembayaran kembali (duree).
Tenggat waktu yang harus ditepati untuk menyelesaikan suatu pekerjaan; batas waktu (dead line).
Tentu - Penentu Harga produsen yang mendominasi atau menguasai bagian terbesar dari suatu produk atau jasa sehingga harga yang ditetapkan menjadi acuan bagi produsen lain (price leadership).
Tentu - Penentuan Harga Terendah metode penilaian persediaan barang yang diterapkan dalam akuntansi keuangan; bersifat konservatif, yaitu dengan menetapkan pilihan harga terendah antara harga pokok dan harga pasar (cost or market whichever is lower).
Teori Harapan teori tingkat bunga yang mengatakan bahwa hasil yang diharapkan dari surat berharga ditentukan oleh berapa besar pengaruh harapan investor terhadap tingkat suku bunga pada waktu yang akan datang (expectation theory).
Teori Kuantitas Uang teori yang menjelaskan hubungan antara uang, harga, dan ekonomi; hubungan ini menjelaskan bagaimana tingkat inflasi yaitu dengan cara mengendalikan jumlah uang yang beredar (quantify theory of money).
Teori Nilai Kerja teori yang menyatakan bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga yang diperlukan untuk menghasilkannya dengan pengertian bahwa alat produksi lain dihitung sebagai tenaga kerja yang menghasilkan (labour theory of value).
Teori Penetapan Suku Bunga teori tentang penentuan suku bunga kredit berdasarkan permintaan dan penawaran dana yang tersedia untuk kredit sebagai bagian dari seluruh dana (loanable fund theory of interest).
Tepat Waktu penyediaan inventaris atau persediaan di suatu perusahaan yang terbatas pada kebutuhan penggunaannya atau yang disediakan tepat pada saat produksi untuk mengurangi penanaman dana yang besar atas penggunaan tersebut (just-in-time/JIT).
Terima - Penerima Endos orang yang menerima hak atas surat berharga yang dialihkan dengan cara endosemen (endorsee).
Terima - Penerima Gadai pihak yang menerima barang dalam bentuk gadai sebagai jaminan pembayaran utang (pledgee).
Terima - Penerima Jatah Saham orang atau badan yang menerima jatah saham sehubungan dengan pendaftaran pembelian saham yang diajukan (allottee).
Terima - Penerima Konsinyasi pihak yang menerima barang atas dasar konsinyasi (consignee).
Terima - Penerima Mandat pihak yang ditunjuk atau diberi mandat oleh pengadaan untuk bertindak sebagai agen bagi debitur yang pailit; penerima mandat dipercaya untuk mereorganisasi atau melikuidasi perusahaan untuk memenuhi kewajiban kepada kreditur, dan dipersyaratkan untuk memelihara properti untuk keuntungan kreditur atau pemegang saham sebelum dinyatakan pailit (receiver).
Tertanggung pihak yang mengalihkan risiko kepada pihak lain berdasarkan suatu polis dengan membayar premi (insured; insuree).
Tetap - Penetapan Harga Rata metode yang biasa digunakan dalam menetapkan harga atau jumlah imbalan pada kesepakatan pembelian kembali objek yang diperjualbelikan; perhitungan harga pembelian kembali untuk objek tersebut termasuk komponen bunga dan biaya transaksi (price flat).
Tim Investigasi tim yang melakukan penyelidikan terhadap dugaan terjadinya penyimpangan bank yang ditemukan dari hasil pengawasan dan pemeriksaan bank, antara lain, pelanggaran terhadap ketentuan batas maksimum pemberian kredit, posisi devisa neto, atau perbuatan tercela lainnya di bidang perbankan (investigation team).
Tim Proyek grup yang terdiri atas beberapa orang yang memliki berbagai macam keahlian dan dibentuk untuk meneliti rencana baru; fungsi mereka mempertimbangkan dan mengusulkan cara terbaik guna mencapai hasil yang terbaik (project team).
Timbal Balik - Ketertimbalbalikan perlakuan yang sama antara dua negara atau lembaga, khususnya pengakuan oleh setiap negara atau lembaga atas kebijakan yang diberlakukan kepada wanga negara pihak lainnya, misalnya untuk menghindari pengenaan pajak berganda (reciprocity).
Timbun - Penimbunan pengumpulan atau penyimpanan uang atau barang dalam jumlah besar kanena khawatir tidak akan dapat diperoleh lagi jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga (hoarding).
Tingkat - Peningkatan Nilai usaha perbaikan terhadap harta tetap berupa bangunan atau gedung sehingga nilainya meningkat (betterment).
Tingkat Bunga Pasar Terbuka tingkat bunga berbagai macam surat berharga di pasar uang; tingkat bunga itu berbeda dengan tingkat bunga yang ditetapkan oleh bank kepada debitumya atau tingkat diskonto yang ditetapkan oleh bank sentral (open-market rate).
Tingkat Bunga Riil tingkat bunga dihitung dengan mengurangkan tingkat inflasi dari tingkat bunga nominal (yang ditetapkan); tingkat bunga rill merupakan faktor penting untuk membandingkan penghasilan efektif dari investasi yang berbeda-beda, dengan menghitung nilai sekarang atau nilai yang akan datang dengan memperkirakan tingkat inflasi pada masa yang akan datang; obligasi atau sertifikat deposito yang mempunyai tingkat penghasilan 11% pada saat inflasi sebesar 5% akan mempunyai pendapatan bersih sebelum pajak sebesar 6%; jika inflasi meningkat lebih dan 5%, nilai investasi akan turun karena pendapatan bunga yang menurun sebagai akibat kenaikan harga secara umum (real interest rote).
Tingkat Bunga Tetap kredit dengan tingkat bunga yang tidak bergantung pada jangka waktu kredit; pada tingkat bunga tetap, umumnya jumlah pembayarannya konstan, melalui angsuran pokok dan bunga secara bulanan; misalnya, kredit konsumsi secara angsuran adalah kredit mobil, kredit sepeda motor, kredit perbaikan rumah, menggunakan tingkat bunga tetap; kredit bertingkat bunga mengambang (fixed rate loan).
Tingkat Dasar Suku Bunga tingkat dasar suku bunga yang digunakan oleh bank untuk bunga kredit; bunga kredit yang ditetapkan lebih besar daripada tingkat dasar suku bunga sesuai dengan tingkat risiko pemberian kredit (base rates).
Tingkat Diskonto Bank 1. tingkat diskonto yang ditetapkan oleh dealer untuk surat berharga jangka pendek tanpa bunga, seperti surat berharga komersial (commercial paper) dan surat berharga pemerintah; pada saat bank bersepakat untuk membayar surat berharga tersebut, perbedaan antara jumlah yang dibayar oleh bank dengan nilai nominal surat berharga disebut diskonto; 2. tingkat diskonto yang dibebankan bank atas pinjaman diskonto (pinjaman yang diterima setelah dikurangi bunga); peminjam menerima nilai nominal surat berhanga dikurangi diskonto (bank discount rate).
Tingkat Harga angka yang menunjukkan nilai, harga, kecepatan perkembangan, dan produksi berdasarkan satuan ukur tertentu; biaya premi asuransi; beban biaya, ongkos, atau harga (rate).
Tingkat Inflasi tingkat perubahan harga; dua indikasi utama dalam perhitungan tingkat perubahan inflasi berupa indeks harga konsumen dan indeks harga produsen yang mengikuti perubahan harga yang dibayar oleh konsumen dan produsen; laju inflasi (inflation rate)
Tingkat Keuntungan Minimum tingkat keuntungan yang dipersyaratkan atau yang diharapkan dari suatu rencana investasi yang dinyatakan dalam persen (hurdle rate).
Tingkat Pengembalian tingkat pendapatan yang diperoleh dari suatu penanaman modal sebagai ukuran dan kinerja operasional; rasio yang sering digunakan adalah pendapatan atas modal (return on equity) atau pendapatan atas aset (return on assets) (rate of return).
Tingkat Pengembalian Modal Lnternal (Irr) tingkat bunga yang menghasilkan nilai bersih investasi sama dengan nol; ukuran untuk memilih beberapa proyek yang diperkirakan akan memberikan tingkat laba tertinggi (internal rate of return).
Tingkat Pulang Pokok tingkat produksi yang menghasilkan pendapatan yang sama besar dengan jumlah biaya produksi; apabila penjualan berada di atas tingkat pulang pokok, perusahaan menghasilkan laba; sebaliknya, apabila penjualan berada di bawah tingkat pulang pokok, perusahaan mengalami kerugian (break even point).
Tingkat Rediskonto tingkat diskonto yang dikenakan oleh bank sentral kepada bank devisa untuk transaksi pendiskontoan kembali surat-surat berharga yang berasal dari nasabah eksportir (rediscount rate).
Tingkat Suku Bunga Komoditas tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh bank terhadap surat berharga dan penerbitan dokumen lain yang berkaitan dengan komoditas tetap (commodity rate).

Tidak ada komentar: