Meningkatkan Nilai Tukar Rupiah

Beberapa cara agar nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing meningkat. Kalau ada usulan lain boleh ditambahkan disini :

Memakai Produk Dalam Negeri

Dengan tujuan menekan harta dan devisa negara yang tersedot ke luar negri. Dengan meningkatkan pemakaian produk dalam negeri maka modal akan berputar di dalam negeri sehingga likuiditas tetap terjaga. Tentunya ada satu syarat yaitu value produk nasional harus ditingkatkan.

Buy Back Saham Perusahaan Yang dikuasai asing

Dengan adanya trend go public, perusahaan besar di Indonesia termasuk BUMN sahamnya telah banyak dimiliki oleh pihak asing. Diantaranya adalah: Telkom, XL, dan Indosat. Tentunya dengan adanya kepemilikan asing, maka deviden juga lari ke pihak asing. Ini berarti dana segar yang berasal masyarakat Indonesia tertarik ke luar sehingga mengakibatkan turunnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Berantas Korupsi

Dengan adanya gerakan pemberantasan korupsi yang telah dilakukan oleh KPK, dana pembangunan pemerintah diharapkan akan jatuh pada tempat yang semestinya sehingga setiap tahun pembangunan dapat dilaksanakan dengan pengawasan yang optimal. Dengan begini seluruh sektor perekonomian akan berkembang.

TKI Pahlawan Devisa

TKI merupakan tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri dan mengirimkan uang hasil kerjanya ke Indonesia. Pemerintah sebaiknya memperhatikan benar satu point yang dapat meningkatkan nilai tukar rupiah ini dengan cara menyaring kualitas TKI agar Tenaga Kerja asal Indonesia ini dapat bekerja dengan kualitas yang tinggi di negara lain sehingga negara lain menerima TKI lebih banyak dari Indonesia.

Iklan di media

Iklan di media ini sebetulnya lebih terkait dengan kampanye gerakan cinta produk dalam negerim. Sama dengan poin pertama dengan memakai produk dalam negeri maka modal berputar lebih banyak di Indonesia saja.

4 komentar:

black mengatakan...

wah setuju bener nih pendapatnya,tpi apa bener itu penilaian yang di tentukan pusat kurs mata uang dunia,

Unknown mengatakan...

hai

SmallKey mengatakan...

Sekarang rupiah lagi down. Semoga rupiah tidak merosot lagi dipermainkan Dollar dan tidak dipecundangi oleh kebijakan pemerintah sendiri. salam kenal mampir ke blog saya ya

salmaneffendi mengatakan...

Meningkatkan jumlah export sebanyak mungkin dan mengurangi nilai impor.