OJK Pedia - T1

Istilah Deskripsi
Tewah Jual situasi yang menggambarkan kondisi atau keadaan yang timbul dalam perdagangan valuta asing atau saham atau sekuritas di bursa; jumlah penawaran lebih besar daripada jumlah permintaan; dalam industri, jumlah pesanan lebih besar daripada rencana produksi; jual lebih (oversold).
Tabungan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu; dengan kemajuan teknologi, tabungan pada saat dapat ditarik dengan menggunakan kartu bank, ATM, atau melalui telepon (savings).
Tagih - Penagihan Utang tindakan yang dilakukan semata-mata untuk mendapatkan kembali sejumlah uang yang telah dipinjamkan kepada pihak lain (action of debt).
Tagihan formulir berisi perincian barang, jasa, dan harga, yang harus dibayar oleh pembeli kepada penjual; dokumen yang membuktikan kewajiban debitur kepada kreditur (bill).
Tahan Posisi usaha untuk mempertahankan posisi ekonomi tertentu, misalnya dengan cara mencegah kenaikan harga, pembatasan kredit, dan mencegah bertambahnya pengangguran (holding the line).
Tahap Pengolahan Data cara, tingkat, dan rangkaian pengolahan data dalam SPDE dan saat data masuk hingga data keluar (the steps in processing).
Tahun Fiskal jangka waktu selama 12 bulan berturut-turut sebagai dasar penyelenggaraan dan penutupan buku dan suatu badan usaha untuk menetapkan hasil usaha, keadaan keuangan, rencana kerja, dan anggaran; tahun ini tidak perlu bersamaan waktunya dengan tahun kalender atau tahun takwim (fiscal year).
Tak Likuid 1. keadaan bank yang tidak mampu memenuhi kewajiban yang jatuh tempo; 2. aktiva yang tidak mudah dijual tunai, misalnya pinjaman di pasar sekunder yang terbatas; namun, pinjaman seperti ini dapat dijual dengan diskonto dan harga nominal; termasuk dalam pengertian ini adalah aktiva yang tidak diperhitungkan ke dalam modal bank, seperti halnya real estat yang diperoleh dengan pembayaran uang muka dan surat berharga yang tidak dapat diperjualbelikan (illiquid) tak likuid - ketaklikuidan keuangan: perusahaan yang tidak mempunyai cukup dana untuk memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo; Investasi: aset yang tidak dapat segera dicairkan, seperti saham, obligasi, atau komoditas yang tidak diperdagangkan secara aktif dan akan sulit untuk dijual sekaligus tanpa menderita kerugian (illiquidity).
Taksir - Penaksir ahli dalam asuransi yang menilai dan membereskan tuntutan kerugian; kaitannya dengan pembekuan kegiatan bank, pemberes adalah pihak yang ditunjuk untuk menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan penyelesaian hak dan kewajiban dan bank (adjuster).
Taksiran Ganti Rugi penentuan secara pasti kerugian oleh perusahaan asuransi (adjusting claim).
Tak-Terkonvensi mata uang atau surat berharga yang tidak dapat dipertukarkan secara bebas dengan mata uang atau surat berharga lain ataupun dengan penjualan tunai; mata uang tersebut tidak dapat diperdagangkan atau dipertukarkan secara bebas dengan mata uang lain atau dengan emas yang disebabkan oleh pengendalian nilai tukar, pembatasan transfer, ataupun kepemilikan dan mata uang ini; mata uang yang tidak dapat dipertukarkan tersebut kurang menarik minat para investor asing daripada mata uang yang dapat dipertukarkan; tak tertukarkan (inconvertible).
Tanam - Penanaman Modal Asing aliran modal dan suatu negara ke negara lain sebagai akibat adanya kegiatan bisnis atau kegiatan lainnya yang masih berada dalam pengawasan negara (foreign direct investment).
Tanam - Penanaman Modal Langsung penanaman modal dengan cara mengambil alih saham atau menambah modal dalam perusahaan yang sudah ada atau perusahaan baru (direct investment).
Tanda Tangan Pengesahan tanda tangan yang dibubuhkan di samping tanda tangan lain yang sudah ada pada suatu dokumen agar dokumen itu memenuhi syarat dan sah; selain itu, juga berfungsi sebagal alat kontrol ganda (countersign).
Tanda Terima bukti tertulis yang diterima nasabah atas suatu transaksi atau penyerahan sejumlah uang baik secara tunai atau dengan menggunakan sarana lain; lihat resi (receipt).
Tanggal - Penanggalan Valuta pelaksanaan pembayaran secara elektronis yang mendahului tanggal saat dana tersebut benar-benar dikredit ke akun nasabah; proses ini banyak digunakan dalam program simpanan langsung, misalnya bantuan jaminan sosial atau pembayaran gaji yang secara otomatis dibukukan pada akun karyawan (value dating).
Tanggal Diskonto tanggal yang tercantum dalam surat wesel dengan keterangan bahwa pihak tertarik setuju untuk membayar sejumlah uang yang tertera pada surat wesel yang telah ditandatanganinya (date discount).
Tanggal Efektif tanggal pada saat suatu transaksi dicatat atau dibukukan, atau suatu perjanjian dinyatakan berlaku. misalnya di perbankan, pada saat pembaruan atau perpanjangan sertifikat deposito diperbaharui atau diperpanjang sesuai dengan tingkat bunga yang berlaku, dan pembayaran bunga deposito tersebut disesuaikan dengan tingkat bunga yang berlaku (effective date).
Tanggal Jatuh Tempo tanggal yang ditetapkan sebagai waktu pelunasan utang atau kewajiban (due date ; date of maturity).
Tanggal Kedaluwarsa lihat tanggal jatuh tempo (expiry date).
Tanggal Mundur tanggal pada cek atau tanggal pada alat pembayaran yang dapat diperjualbelikan, yang baru dapat dibayar pada waktu yang akan datang; cek yang ditulis dengan tanggal kemudian baru dapat dibayar sejak tanggal yang tertera pada cek tersebut; akseptasi bank dan wesel berjangka merupakan instrumen yang bertanggal mundur (post dated).
Tanggal Pembayaran tanggal yang ditetapkan sebagai jadwal waktu penarikan dana; dalam transaksi perbankan dikenal dengan istilah p-date (pay date).
Tanggal Pembukuan tanggal pembebanan suatu transaksi atau tanggal pengkreditan pada akun (posting date).
Tanggal Pencatatan 1. hari dalam kalender yang digunakan oleh lembaga yang mengeluarkan obligasi untuk menentukan keabsahan penghitungan tagihan pembayaran yang akan datang, termasuk pokok dan bunga; 2. tanggal penerimaan pembayaran utang dividen dan saham perusahaan yang mengeluarkan saham yang diumumkan sebagaimana pada night issue (record date).
Tanggal Penutupan 1. tanggal penyerahan harta yang dijaminkan kepada penjamin atas surat-surat berharga yang diterbitkan; 2. tanggal saat pesanan obligasi atau pesanan tambahan diselesaikan, jaminan diserahkan kepada pihak penjamin, dokumen-dokumen resmi dibuat, dan uang tunai diterima oleh yang mengeluarkan surat berharga (closing date).
Tanggal Penyerahan tanggal perintah transaksi harus diselesaikan, baik pembayaran pembelian surat berharga secara tunai bagi pembeli, maupun penyerahan surat berharga dan penerimaan hasil penjualannya bagi penjual; biasanya, tanggal penyerahan atau penyelesaian adalah antara 1-3 hari kerja setelah tanggal transaksi; tanggal penyelesaian (settlement date).
Tanggal Valuta tanggal efektif suatu transaksi; biasanya, tanggal valuta juga merupakan patokan waktu dalam perhitungan hari bunga (value date).
Tanggung - Penanggung pihak yang telah memiliki izin formal untuk melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan pengambilalihan risiko pihak lain berdasarkan suatu polis; atas pertanggungan ini, penanggung risiko menerima premi dari pihak lain selaku tertanggung; lazimnya, penanggung adalah perusahaan asuransi (insurers).
Tanggung Renteng tanggung jawab para debitur baik bersama-sama, perseorangan, maupun khusus salah seorang di antara mereka untuk menanggung pembayaran seluruh utang; pembayaran salah seorang debitur mengakibatkan debitur yang lain terbebas dari kewajiban membayar utang (joint and several liability).
Tanggungan perseorangan atau perusahaan, biasanya perusahaan asuransi, yang menjamin kinerja atau bonafiditas pihak ketiga; terminologi ini juga berlaku untuk surety bond, yaitu jaminan atau garansi yang mendukung kinerja dan perseorangan atau pihak ketiga yang dijamin, seperti kontraktor; jaminan (surety).
Tanpa Gap keadaan dalam periode tertentu dengan kondisi tingkat bunga penanaman bank dalam aktiva produktif (aset) sama dengan tingkat bunga utang (liabilities) (zero gap).
Tanpa Protes perintah dan bank kepada bank penagih lain untuk tidak menolak alasan-alasan dalam hal tidak terjadi pembayaran; bank pengirim membubuhkan stempel pada halaman depan warkat dengan huruf NP; apabila tidak dapat ditagih, bank penagih mengembalikan warkat tersebut tanpa keberatan (noprotest).
Tanpa Tanggung Renteng risiko tidak terbayarnya suatu promes atau instrumen dagang lain oleh pembeli (orang yang menerbitkan promes tersebut); secara hukum, pengendos (yang membubuhkan tanda tangan atas cek atau draft atau promes) diminta bertanggung jawab terhadap pembayaran instrumen tersebut kepada pemegang surat berharga apabila penerbit instrumen tersebut tidak mampu untuk membayar (wanprestasi), hal ini dapat dilakukan jika dalam endosemen tersebut terdapat klausul berisi kata “tanpa tanggung renteng" (without recourse).
Tarif pajak atas impor atau ekspor, biasanya dikenakan untuk meningkatkan pendapatan atau untuk melindungi perusahaan domestik dan persaingan barang impor (tarif).
Tarif Atas Unjuk nilai tukar yang dikenakan pada wesel tagih atau cek (sight rate).
Tarif Dasar tarif terendah yang dijadikan patokan dari tarif kredit atau hipotek; tarif dasar ini ditetapkan dalam dokumen kredit (rate floor).
Tarif Pajak Marginal salah satu sistem pajak yang dikenakan terhadap tambahan pendapatan tertentu; dalam sistem pajak progresif yang dianut Amerika Serikat, tarif pajak marginal meningkat sejalan dengan kenaikan pendapatan; ekonom percaya bahwa dari sisi penawaran ekonomis (supply side economics) hal tersebut akan mengurangi gairah produktivitas dan menghambat investasi; dalam upaya mengurangi tarif pajak marginal bagi perseorangan dan badan usaha, para ekonom berpendapat bahwa peningkatan usaha kerja dan investasi yang dihasilkan oleh pengurangan tarif pajak tersebut akan mengurangi stagflasi (marginal tax rate).
Tarik - Penarik pihak yang memberi perintah membayar dengan cara membubuhkan tanda tangan di halaman muka cek atau surat wesel (drawer).
Tarik - Penarikan simpanan: penarikan dana dan simpanan yang ada di bank dengan menggunakan cek, wesel, atau slip pengambilan; biasanya, penarikan simpanan (deposito) yang belum jatuh tempo akan dikenakan penalti; agunan: penarikan agunan suatu pinjaman dengan menyediakan agunan baru (withdrawal).
Tarik - Penarikan Massal penarikan tunai secara besar-besaran di luar perkiraan karena menurunnya kepercayaan nasabah penyimpan dana karena kekhawatiran bank akan ditutup (bank run; rush).
Tarik - Penarikan Tunai Di Muka pencairan pinjaman perseorangan dengan menggunakan kartu kredit pada seorang petugas teller atau ATM; biaya (bunga dan biaya lain) diperhitungkan mulai tanggal transaksi (cash advance).
Tarik - Tertarik pihak yang namanya tercantum di halaman muka cek atau surat wesel sebagai pihak yang diperintahkan membayar sejumlah uang yang tertulis pada surat berharga tersebut (drawee).
Tawar - Penawaran (1) harga yang diajukan oleh calon pembeli atas surat-surat berharga atau barang yang diajukan kontraktor (bid).
Tawar - Penawaran (2) jumlah komoditas atau jasa yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan pasar tertentu (supply).
Tawar - Penawaran Dan Permintaan menunjukkan hubungan antara konsumsi dan produksi, yaitu jika permintaan melebihi penawaran akan mengakibatkan harga naik, demikian pula sebaliknya (supply and demand).
Tawar - Penawaran Surat Berharga penawaran penjualan saham baru, umumnya berupa saham biasa yang penjualannya kepada pemegang saham lama dengan harga lebih rendah daripada harga yang ditawarkan kepada masyarakat umum (rights offering).
Tawar - Penawaran Tak-Elastis jumlah penawaran yang tidak begitu terpengaruh oleh perubahan harga; penawaran elastis (inelastic supply).
Tawar - Penawaran Umum penawaran dan penjualan surat berharga oleh emiten setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh OJK; penawaran umum, biasanya, dilakukan oleh sindikasi penjamin (underwriter) sesuai dengan jangka waktu dan tingkat suku bunga dalam perjanjian underwriting (public offering).
Tebus - Penebusan pembayaran untuk mendapatkan kembali surat utang, obligasi, saham, barang jaminan hipotek, atau gadai untuk melunasi utang (redemption).

Tidak ada komentar: