OJK Pedia - S2

Istilah Deskripsi
Selisih Bunga Bersih selisih antara bunga yang diterima setelah diperhitungkan dengan dasar pengenaan pajak dengan biaya bunga (net interest margin).
Senjang perbedaan antara jumlah harta dan kewajiban yang peka terhadap perubahan tingkat bunga untuk periode tertentu berdasarkan jatuh temponya, misalnya selisih antara kredit dan deposito yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun; apabila suku bunga simpanan lebih besar daripada suku bunga kredit, terjadi senjang negatif; sebaliknya apabila suku bunga kredit lebih besar daripada suku bunga simpanan, akan terjadi senjang positif; lihat senjang negatif dan senjang positif (gap).
Senjang - Kesenjangan perolehan aktiva dilakukan tanpa mengantisipasi jatuh tempo kewajiban yang digunakan untuk membiayai aktiva tersebut; misalnya, bank membiayai pinjaman jangka panjang seperti hipotek perumahan dengan menggunakan dana deposito jangka pendek (gapping).
Senjang Dinamis model kesenjangan yang menunjukkan keseimbangan antara saldo harta dan kewajiban yang diproyeksikan pada waktu mendatang, atau perbedaan antara harta peka bunga dan kewajiban peka bunga pada waktu mendatang (dynamic gap).
Senjang Negatif selisih yang disebabkan oleh kepekaan tingkat bunga aktiva lebih rendah jika dibandingkan dengan kepekaan tingkat bunga pasiva; bank yang memiliki kewajiban bunga lebih cepat daripada pendapatan bunga disebut rawan utang (negative gap).
Senjang Posftif bank dikatakan memiliki selisih positif apabila ada ketidaksesuaian jatuh tempo pada harta dan kewajiban suatu bank, yaitu terdapat lebih banyak harta yang jatuh tempo dalam satu periode tertentu dibandingkan dengan kewajibannya; bank dengan selisih positif memiliki harta yang peka (sensitive asset) terhadap perubahan-perubahan ketidakselarasan antara nilai atau jatuh tempo dan suatu aset dan kewajiban bank. (positive gap).
Sepakat - Kesepakatan Atas Kepercayaan persetujuan lisan antara pihak yang bersangkutan yang didasarkan kepercayaan (gentlement’s agreement).
Sepakat - Kesepakatan Tingkat Bunga Mendatang perjanjian antara dua belah pihak yang menyepakati tingkat bunga yang akan dibayar pada masa mendatang pada tanggal tertentu; dalam perjanjian ini ditetapkan jumlah yang disepakati; pembayaran hanya dilakukan apabila terdapat selisih antara tingkat bunga yang disepakati dan tingkat bunga yang terjadi (forward rate agreement/FRA).
Serah - Penyerah Konsinyasi pihak yang menyerahkan barang kepada pihak tertentu atas dasar perjanjian konsinyasi (consignor).
Serah - Penyerahan Seadanya penyerahan barang menurut keadaan pada saat penyerahan tanpa adanya perbaikan atau pembetulan (as it is).
Serikat Pekerja asosiasi atau perkumpulan dan pekerja dan suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tujuan yang sama untuk melindungi hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada; apabila terjadi permasalahan yang berkaitan dengan hak-hak pekerja yang menjadi anggota, pengurus serikat kerja membantu menanganinya atas nama pekerja dengan melakukan pembicaraan atau negosiasi dengan pihak menajemen perusahaan atau pemilik untuk menyelesaikannya (labour union).
Sero - Perseroan persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama (corporation).
Sero - Perseroan Firma kerja sama antara dua orang atau lebih yang secara bersama-sama mengorganisasi perusahaan dengan maksud untuk mencari laba; setiap mitra biasanya memasukkan modalnya ke dalam perusahaan serta ikut memimpin dan bertanggung jawab secara tanggung renteng apabila perusahaan menderita kerugian (partnership).
Sero - Perseroan Komanditer firma yang di antara para anggotanya terdapat seorang atau lebih yang tidak turut campur dalam pengurusan dan tidak berhak bertindak untuk dan atas nama firma serta mengikat firma dengan pihak ketiga dan tanggung jawabnya terbatas sampai dengan sejumlah uang yang dimasukkannya ke dalam firma (commanditaire vennoo tschap).
Sero - Perseroan Terbatas perusahaan yang berbentuk badan hukum, didirikan dengan modal yang terbagi atas saham, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-undang Perseroan Terbatas serta peraturan pelaksanaannya; tanggung jawab pemegang saham terbatas sebesar jumlah nominal saham yang dimiliki (limited company).
Sero - Perseroan Tidak Terbatas persekutuan bukan badan hukum yang bertanggung jawab terhadap utangnya, tidak hanya terbatas pada besarnya kekayaan persekutuan, tetapi termasuk kekayaan pengurus (unlimited company).
Serta - Penyertaan Bank pananaman dana bank dalam bentuk saham perusahaan lain untuk tujuan investasi jangka panjang, baik dalam rangka pendirian, ikut serta dalam lembaga keuangan lain, penyelamatan kredit atau lainnya yang dilakukan tidak melalui pasar modal.
Sertifikat tanda bukti mengenai sesuatu hal yang dapat digunakan untuk mendokumentasikan suatu fakta, seperti akta kelahiran, telah menyelesaikan atau mengikuti suatu seminar (certificate).
Sertifikat Analisis surat keterangan dari pihak ketiga yang berwenang atau produsen yang diperlukan untuk suatu kontrak penjualan dan penyerahan barang, yang membuktikan bahwa barang-barang tersebut telah diperiksa (certificate of analysis).
Sertifikat Asal Barang dokumen yang menyatakan negara asal dari barang yang diperdagangkan, biasanya diperlukan dalam perdagangan internasional (certificate of origin).
Sertifikat Asuransi keterangan bahwa polis asuransi telah diterbitkan dengan menunjukkan jumlah dan jenis barang yang dipertanggungkan secara terperinci; polis tersebut dapat digunakan sebagai bukti untuk mereasuransikan kepada asuradur (certificate of insurance).
Sertifikat Bunga Bank sertifikat bank yang menyatakan sejumlah bunga yang harus dibayarkan terlebih dahulu oleh debiturnya dan dimasukkan sebagai laba sehingga dapat diperhitungkan besar pajaknya (bank interest certificate).
Sertifikat Deposito simpanan dalam bentuk deposito yang sertifikat bukti penyimpanannya dapat dipindahtangankan (certificate of deposit).
Sertifikat Mutu sertifikat yang menerangkan bahwa kualitas atau mutu barang telah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pembeli dan ditandatangani oleh pejabat berwenang (certificate of quality).
Sertifikat Pemeriksaan surat keterangan yang menyatakan bahwa kondisi barang yang akan dikirim dalam keadaan baik sebelum barang tersebut terangkut atau dikapalkan (certificate of inspection).
Sertifikat Saham surat bukti kepemilikan sejumlah saham suatu perseroan; dalam sertifikat tersebut dicantumkan nama penerbit, jumlah nominal atau mewakili nilai yang dinyatakan, atau deklarasi nilai bukan nominal, dan hak pemegang saham; sertifikat ini dapat diperdagangkan seluruhnya dengan menyerahkan kembali sertifikat tersebut kepada penerbit atau melalui pialang untuk diadakan pembahasan (certificate of stock).
Sertifikat Saham Sementara bukti kepemilikan sementara atas setiap saham yang diterbitkan (provisional certificate).
Sertifikat Teraan dokumen yang menyatakan ukuran berat barang yang diperdagangkan dan dikeluarkan oleh badan yang berwenang (certificate of weight).
Sesi cara untuk menyerahkan piutang atas nama dan kebendaan tak berwujud lainnya; penyerahan piutang seperti ini harus dilakukan dengan membuat akta, baik akta autentik maupun akta di bawah tangan yang menegaskan pengalihan hak tersebut dari kreditur kepada pihak ketiga; pengalihan ini harus disetujui oleh debitur (cessie).
Sesuai dengan
Advis kata-kata “sesuai dengan advis" di halaman muka surat wesel, menandakan bahwa penarikan surat wesel itu didahului oleh dan sesuai dengan surat pemberitahuan (as per advice).
Set-Off proses penggabungan akun yang sama yang tercatat, baik di sisi aktiva maupun di sisi pasiva neraca; tujuannya untuk mengetahui posisi rekening dimaksud yang sebenarnya; misalnya, dalam neraca bank A tercatat rekening antarkantor aktiva Rp 1.500.000,00 dan rekening antarkantor pasiva sebesar Rp 1.000.000,00, maka posisi rekening antarkantor yang sebenamya setelah dilakukan set-off adalah sebesar Rp 500.000,00 di sisi aktiva, set-off juga dilakukan untuk mengetahui posisi total aset bank yang sebenarnya (set-off).
Setoran Jaminan uang yang diterima bank sebagai jaminan yang akan diperhitungkan pada waktu penyelesaian suatu transaksi, misalnya dalam pembukuan L/C dalam negeri dan luar negeri (marginal deposit).
Setuju - Persetujuan Kredit pemberitahuan kepada calon debitur bahwa permohonan kreditnya telah disetujui (credit acceptance).
Sewa - Penyewa pihak yang menjadi penyewa dalam perjanjian sewa beli (leasing) (lessee).
Sewa Beli perjanjian sewa menyewa, biasanya mengenai tanah, gedung atau peralatan modal selama jangka waktu tertentu dengan pembayaran sewa berkala, termasuk kewajiban pemilik seperti pajak, penyusutan dan asuransi; pada akhir masa sewa, biasanya, penyewa diberikan opsi untuk meneruskan jangka waktu sewa atau membeli barang sewa tersebut (lease).
Sewa Biaya Tinggi biaya sewa yang sangat tinggi, jumlahnya mendekati seluruh jumlah nilai produksi atau nilai sewa properti (rack rent).
Shilling 1. satuan dasar nilai uang Austria, Kenya, Somalia, Tanzania, dan Uganda; 2. mata uang Inggris = 1/10 pound (shilling).
Sibor Suku bunga rata-rata antar bank di Singapura yang ditetapkan berdasarkan suku bunga yang ditawarkan oleh delapan (8) bank terkemuka di singapura (Singapore interbank offered rate).
Siklus Bisnis pola turun naik gelombang bisnis yang terdiri atas tahap pemulihan, depresi, resesi, dan ekspansi (business cycle).
Simetalisme standar moneter suatu negara yang menerapkan penggunaan dua atau lebih logam mulia dalam mata uang logamnya (simmetalisme).
Simpan - Penyimpan Data tempat penyimpanan data dalam komputer; alat tempat suatu unit informasi dapat digandakan, disimpan, dan dikeluarkan pada waktu yang lain (memory; storage).
Simpan - Penyimpanan Kustodi penjaminan yang dilakukan oleh bank dengan menerima amplop, kotak, dan dokumen lainnya untuk disimpan dalam ruangan yang aman; sebelum diserahkan kepada bank, sebelumnya kotak dan amplop tersebut harus disegel sehingga bank tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang-barang yang berada di dalam amplop dan kotak tersebut (safe custody).
Simpan Malam bagian dari bank yang disediakan untuk menyimpan uang tunai, cek, surat berharga di luar jam kerja bank atau pada hari libur; banyak bank yang menyediakan lemari besi yang terdapat di dalam suatu ruangan bank, yang pemiIiknya (deposan) dapat masuk dengan menggunakan kunci atau kode tertentu; uang yang akan disimpan dimasukkan dalam sebuah amplop yang diberi identitas pemiliknya; hal ini merupakan kemudahan yang diberikan bank bagi nasabah atau pedagang yang tidak mau mengambil risiko untuk menyimpan uang tunai; beberapa bank bahkan menyediakan mesin kasir otomatis yang juga berfungsi sebagai sarana untuk mendepositokan uang yang langsung memberikan bukti transaksi (night depository).
Simpanan dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank berdasarkan perjanjian penyimpanan dana dalam bentuk giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu (deposit).
Simpanan Antarbank simpanan yang dibentuk oleh suatu bank untuk bank lain yang pada umumnya merupakan bank korespondennya; setiap bank yang bersangkutan memiliki hubungan rekening satu sama lain (interbank deposit).
Simpanan Derivatif simpanan yang berasal dari fasilitas kredit yang sementara belum digunakan (derivative deposits).
Simpanan Pecahan pencairan cek yang sebagian dananya disimpan dan selebihnya diterima secara tunai (split deposit).
Simpanan Primer 1. simpanan tunai dari nasabah dalam suatu bank; 2. simpanan dalam jumlah besar milik nasabah utama suatu bank (primary deposits).
Simpanan Valuta Asing dana yang dipelihara dalam bentuk akun valuta asing (foreign deposit).

Tidak ada komentar: