OJK Pedia - S1

Istilah Deskripsi
Saham surat bukti kepemilikan atau bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat diperjualbelikan, baik di dalam maupun di luar pasar modal yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan; memberikan hak atas dividen sesual dengan bagian modal disetor seperti yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan (stock).
Saham Aktif saham yang banyak diperdagangkan di bursa (active stock).
Saham Barometer saham yang apabila harganya berubah akan sangat berpengaruh terhadap perubahan harga saham lainnya dalam bursa (barometer stock).
Saham Berhak Suara saham yang memberikan hak untuk mengeluarkan suara dalam rapat umum pemegang saham (voting stock).
Saham Biasa saham tanpa hak istimewa, misalnya atas dividen, penentuan pengurus, dan sisa harta perusahaan dalam hal terjadi likuidasi (common stock).
Saham Dibayar Penuh saham yang telah dibayar lunas dengan barang, jasa, atau uang yang setara dengan harga saham tersebut (full paid stock).
Saham Donasi saham yang diserahkan kembali oleh pemegang saham kepada perusahaan yang menerbitkan, tujuannya adalah untuk memungkinkan perusahaan penerbit saham memperoleh sejumlah dana tunai yang dapat digunakan untuk membiayai keperluan modal kerja melalui penjualan saham dimaksud (donated stock).
Saham Istimewa saham dengan hak istimewa menurut ketentuan datam anggaran dasar, misalnya berupa prioritas terhadap dividen, penentuan pengurus, dan sisa harta perusahaan dalam hal terjadi likuidasi (preferred stock).
Saham Luar Bursa saham yang tidak terdaftar dan tidak diperdagangkan di bursa efek yang resmi dan transaksi dilakukan melalui telepon atau jangan komputer yang menghubungkan para dealer saham dan obligasi (bursa paralel); biasanya, saham paralel dikeluarkan oleh perusahaan yang belum memenuhi persyaratan untuk mencatatkan sahamnya di bursa efek; harga saham paralel dipublikasikan dalam surat kabar yang terpisah dan saham yang terdaftar di bursa efek (over the counter).
Saham Minoritas kepentingan dan para pemegang saham yang secara keseluruhan memiliki saham kurang dari 50 persen dan seluruh saham bank; dalam neraca konsolidasi perusahaan, yang saham anak perusahaan itu tidak seluruhnya dimiliki bank, kepentingan ini ditunjukkan dalam pencatatan modal yang terpisah atau sebagai kewajiban yang tidak memiliki batas waktu dan tidak memiliki hak prioritas (minority interest).
Saham Non-Pari saham yang tidak dicantumkan nilai nominalnya (no par check).
Saham Preferen Kumulatif saham prioritas yang dividennya setiap tahun harus dibayarkan kepada pemegang saham; apabila dalam satu tahun dividen tidak dapat dibayarkan, pada tahun-tahun berikutnya dividen yang belum dibayar tadi harus dilunasi terlebih dahulu sebelum dapat mengadakan pembagian dividen untuk saham biasa.
Saham Tak-Aktif saham yang jarang diperjualbelikan; saham tersebut tidak likuid sehingga para investor cenderung tidak tertarik pada saham tersebut (inactive stock).
Saham Tanpa Hak Suara saham yang tidak memberikan hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) (nonvoting stock).
Saham Unggulan saham suatu perusahaan yang paling laku di bursa dan bernilai tinggi; biasanya, perusahaan tersebut mempunyai reputasi yang baik yang ditandai dengan tingkat pertumbuhan laba yang tinggi, pembayaran dividen yang lancar, mempunyai kualitas manajemen, produk, dan jasa yang baik; dahulu istilah blue chips dipakai dalam perjudian; chip atau koin yang bernilai paling tinggi biasanya diberi warna biru (blue chips).
Saing - Persaingan Kejam persaingan yang bertujuan untuk mematikan pesaingnya yang dilakukan dengan berbagai cara (cut throat competition).
Salah Buku kesalahan tanpa disengaja mengenai pembukuan suatu transaksi, baik perkiraan, sisi debit atau kreditnya, maupun jumlahnya (clerical error).
Salah Hitung kesalahan penjumlahan, pengurangan, pengalian, atau perhitungan lain dalam proses pembukuan (arithmetical errors).
Saldo perbankan: 1. cek dan wesel yang belum diajukan kepada bank tertarik untuk dibayarkan atau masih dalam proses penagihan; 2. jumlah keseluruhan fasititas yang dimiliki pemegang kartu kredit bank, biasanya lebih kecil jumlahnya daripada jumlah fasilitas kartu seluruhnya sehubungan dengan adanya pembayaran-pembayaran oleh pemegang kartu; pasar keuangan: dana tak tertagih atau piutang, juga kewajiban yang tidak terbayar surat berharga modal saham perusahaan, saham yang diterbitkan dan dijual kepada investor dikurangi saham yang dibeli kembali oleh penerbit (saham jangka pendek/treasury stock) (outstanding).
Saldo Awal saldo rekening yang ada pada saat dimulainya siklus pembebanan (previous balance).
Saldo Debit saldo suatu perkiraan yang jumlah sisi sebelah debitnya lebih besar daripada jumlah yang terdapat pada sisi sebelah kredit; jumlah penarikan nasabah lebih besar daripada fasilitas kredit yang disediakan terhadap nasabah tersebut, biasa disebut dengan istilah cerukan (debit balance).
Saldo Kompensasi saldo yang harus dipelihara dalam akun nasabah yang digunakan untuk membayar jasa-jasa yang diberikan bank kepada nasabahnya (compensating balance).
Saldo Kredit saldo suatu perkiraan yang jumlah sisi sebelah kreditnya lebih besar daripada jumlah yang terdapat pada sisi sebelah debit (credit balance).
Saldo Minimum jumlah dana minimum yang harus dipelihara oleh nasabah sebagai persyaratan minimum untuk memperoleh bunga atau jasa tertentu, atau dibebaskan dan kewajiban tertentu; jika jumlah dana dalam akun kurang dan jumlah yang telah dipersyaratkan, pemegang akun harus membayar biaya tertentu yang ditetapkan oleh setiap bank (minimum balance).
Saldo Minimum Jatuh Tempo jumlah kewajiban yang harus dibayar untuk jangka waktu yang telah ditentukan; pada kartu kredit jumlah kewajiban yang harus dibayar pada saat jatuh tempo disebut pembayaran minimum meskipun pemegang kartu kredit mampu membayar lebih besar hingga jumlah seluruh penagihan (balance due).
Saldo Pokok jumlah baki debit pinjaman atau kewajiban lain, tidak termasuk bunga atau biaya provisi lainnya (principal balance).
Saldo Rekening jumlah yang ada pada akun setelah pembebanan biaya jasa penarikan, pendebitan, dan pengkreditan setoran, hasil kliring penarikan cek yang dapat digunakan untuk rekonsiliasi dengan membandingkan laporan bank dengan buku atau register cek; saldo rekening atau saldo akun ini dalam perkreditan dikenal dengan istilah baki debit; saldo akun (account balance).
Saldo Terutang saldo debit pinjaman atau uang muka yang belum dibayarkan dan terutang; saldo yang masih terutang dapat berbentuk saldo debit sekarang atas suatu pinjaman, kartu kredit atau saldo debit (tagihan) yang telah lewat (termasuk denda keterlambatan) jika pembayaran tidak dilakukan sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Saldo (tagihan) yang tidak dibayar sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan harus dilaporkan sebagai tunggakan kredit (unpaid balance).
Saluran Pemasaran orang atau badan yang menjadi penghubung dalam proses pengalihan, pemilikan, dan penyampaian barang dan produsen kepada konsumen (marketing channels).
Sampel sebagian kecil barang yang dipilih dan kelompok yang lebih besar dan diteliti untuk menentukan dari kelompok tersebut; contoh barang tersebut membantu ahli statistik untuk menentukan secara tepat dari atau sifat kelompok tersebut; contoh barang juga merupakan hal penting dalam pengauditan; per contoh (sampel).
Sandi - Penyandian 1. mengubah suatu berita dan bentuk biasa menjadi bentuk sandi dalam rangka menjaga kerahasiaan; 2. pemberian sandi pada warkat bank dalam rangka kliring; sandi ini hanya dapat dibaca oleh mesin khusus pembaca sandi (MICR); pengodean (encoding).
Sandi Biner sandi yang digunakan dalam sistem biner yang dinyatakan dalam empat digit sehingga proses mengonversi ke angka desimal akan lebih cepat (binary coded decimal/BlCD).
Sandi Sendiri sandi kawat yang disusun dan dipakai orang atau perusahaan yang saling berhubungan dan pemakaiannya hanya terbatas pada kedua belah pihak yang bersangkutan; baru dapat dipakai setelah mendapat persetujuannya (private code).
Sandi Uji kombinasi susunan huruf atau angka yang dirahasiakan untuk menguji kebenaran berita; untuk itu, perlu persetujuan timbal balik antara pihak pengirim dan penerima berita (test key).
Sarana Akses kartu bank atau nomor otorisasi perseorangan yang dapat digunakan oleh nasabah melakukan transaksi atau penyetoran, penarikan dana, pengiriman uang atau pembayaran-pembayaran tagihan secara elektronis; lembaga keuangan menerbitkan sarana akses hanya atas permintaan konsumen (access device).
Sebar - Penyebaran Risiko pengalokasian kredit yang cukup besar dengan tidak memusatkan pemberian kredit pada satu kelompok debitur tertentu untuk mengurangi risiko kerugian potensial (risk spreading).
Sebaran Harga strategi opsi dan seorang investor yang secara simultan membeli dan menjual dua opsi untuk menutup sekuritas yang sama pada bulan jatuh tempo sama dengan harga yang berbeda.
Sedia - Persediaan Barang pembiayaan perusahaan: nilai bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi, peralatan operasional yang dimiliki suatu perusahaan; pembiayaan pribadi: daftar seluruh aset yang dimiliki seseorang berikut nilainya berdasarkan biaya, nilai pasar, ataupun keduanya; persediaan seperti ini biasanya diwajibkan untuk tujuan asuransi properti dan menjadi persyaratan untuk suatu permohonan kredit; inventaris surat berharga: posisi beli (short) atau jual bersih (long) dari seorang diler, juga surat berharga yang dibeli dan disimpan oleh diler untuk dijual pada kemudian hari (inventory).
Sehat Dan Aman sasaran yang ingin dicapai oleh industri perbankan, yaitu stabilitas perbankan mengingat industri perbankan berfungsi sebagai lembaga perantara yang menghimpun serta menyalurkan dana masyarakat (safety and soundness).
Seimbang - Keseimbangan Moneter keadaan di bidang moneter yang terjadi jika perubahan faktor ekonomi yang menambah jumlah uang beredar diimbangi oleh perubahan faktor-faktor ekonomi lainnya yang mengurangi jumlah uang beredar, misalnya kelebihan ekspor daripada impor diimbangi oleh kelebihan tabungan swasta daripada investasi (monetary equilibrium).
Sekuritas bukti utang piutang atau bukti pemilikan modal dalam bentuk surat berharga yang dapat diperdagangkan, misalnya obligasi, saham, hipotek, wesel, promes, sertifikat deposito, kupon, skrip, jaminan, right, dan opsi (securities).
Sekuritas Kepemilikan surat berharga sebagai bukti kepemilikan yang dapat dipindahtangankan; surat berharga tersebut dapat berupa saham istimewa atau saham biasa (equity securities).
Sekuritas Tertukarkan surat-surat berharga yang dapat ditunaikan dengan segera, atau surat berharga berbunga tetap yang dapat ditukar dengan saham biasa, berdasarkan perjanjian (convertible stock convertible securities).
Sekuritisasi pengonversian sekelompok piutang dan jenis yang sama (biasanya kredit) menjadi surat berharga yang dapat diperdagangkan, meliputi piutang pokok dan bunga; kredit yang disekuritisasikan biasanya ialah kredit yang berkualitas tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan menurunkan tingkat risiko kredit; dengan konversi kredit dan piutang, bank dapat meningkatkan rasio modal dan menerbitkan kredit-kredit yang baru; surat berharga yang akan dijual oleh bank kepada investor dijamin oleh aset yang akan dikonversikan sehingga sering disebut sebagai sekuritas terdukung aset (asset backed securities) (securitization).
Sekutu Komanditer sekutu perusahaan yang tidak ikut aktif dalam menjalankan kegiatan perusahaan tetapi hanya menyerahkan modal atau barangnya sebagai tanda ikut serta dalam pemilikan perusahaan (limited partner).
Selamat - Penyelamatan Kredit kredit yang tingkat bunganya diturunkan atau jangka waktu pinjamannya diperpanjang agar memudahkan debitur melakukan pembayaran; alternatif penyelamatan kredit ini sering dilakukan terhadap debitur yang tidak dapat membayar kewajiban pokok dan atau bunga sesuai dengan yang diperjanjikan (restructed loan).
Selesai - Penyelesai Awar ahli yang ditunjuk untuk menyelesaikan dan menentukan beban setiap penanggung awar, yakni kerugian yang timbul karena pembuangan barang ke laut dan atau perusakan bagian alat kapal demi penyelamatan kapal atau barang selebihnya yang harus dipikul pemilik kapal dan atau pemilik barang; biasanya, penunjukan ahli diatur datam kontrak pengangkutan; jika tidak, hal itu disesuaikan dengan hukum yang berlaku di tempat berakhirnya pelayaran yang bersangkutan (average adjuster).
Selesai - Penyelesaian perbankan: pencatatan akuntansi transfer dana, baik pada sisi aktiva maupun sisi pasiva dua pihak yang terlibat dalam transfer; dana yang tersedia dapat digunakan atau diambil setelah transfer efektif; real estat: pemindahan atau pengalihan hak atas suatu properti kepada pembeli properti dan sekaligus dilakukan pencatatan hipotek oleh bank yang membiayai pembelian properti tersebut; dikenal juga sebagai penutupan hipotek; surat berharga: penyerahan surat berharga oleh pialang penjual dan pelaksanaan pembayaran oleh pialang pembeli, biasanya dalam lima hari kerja setelah tanggal transaksi; penyerahan tersebut kadang-kadang dapat dilakukan dalam jangka waktu lebih dari lima hari, khususnya terhadap penerbitan baru dan obligasi yang bebas pajak; lihat tunas (settlement).
Selesai - Penyelesaian Kredit Macet usaha penagihan atas kredit macet yang telah dihapusbukukan; sumber penagihan dapat berasal dari kerelaan debitur untuk membayar sebagian atau seluruh pokok atau bunga yang seharusnya telah dibayar, menyita atau menjual aset debitur yang dijadikan agunan kredit, atau memotong upah atau gaji debitur (bad debt recovery).
Selisih - Perselisihan Perburuhan persengketaan antara buruh dan majikan mengenai syarat-syarat kerja, misalnya upah, pemecatan, dan pemberhentian (labour dispute).

Tidak ada komentar: