OJK Pedia - L2

Istilah Deskripsi
Lek satuan mata uang Albania (lek).
Lelang 1. penjualan barang di depan umum kepada penawar tertinggi (lelang naik); 2. penjualan saham di bursa efek; penjual dapat menawarkan harga yang diinginkan, tetapi jika tidak ada pembeli, penjual dapat menurunkan harganya sampai terjadi kesepakatan (lelang turun) (auction).
Lelang Pajak lelang barang-barang milik wajib pajak untuk pelunasan tunggakan pajaknya (tax sale).
Lembaga Bank Investasi lembaga atau badan yang memperjualbelikan surat berharga dengan cara membeli dalam jumlah besar dan menjualnya kembali kepada investor; kegiatan lembaga tersebut ialah membiayai kebutuhan modal atau kredit jangka panjang, sedangkan bank membiayai kebutuhan dana jangka pendek (investment banking house).
Lembaga Keuangan lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).
Lembaga Keuangan Bukan Bank badan usaha bukan bank ataupun bukan perusahaan asuransi, yang kegiatan usahanya langsung ataupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dengan jalan mengeluarkan surat berharga dan menyalurkannya untuk pembiayaan investasi perusahaan, baik berupa pinjaman maupun berupa penyertaan modal (financial institution nonbank).
Lembaga Kliring bentuk kerja sama bank-bank di suatu kota dengan membentuk pusat penagihan yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran cek, wesel, surat utang, atau bentuk lainnya; lembaga yang mengatur tata cara dan menyelenggarakan kliring atas cek dan surat-surat berharga dari anggota peserta kliring; lembaga ini juga merumuskan kebijakan dan peraturan untuk kepentingan para anggotanya; saat ini di Indonesia lembaga kliring dilakukan oleh Bank Indonesia (clearing house).
Lembaga Penjamin Simpanan badan hukum yang menyelenggarakan kegiatan penjaminan atas simpanan nasabah penyimpan melalui skim asuransi, dana penyangga, atau skim lainnya.
Lembaga Penyimpan Efek orang atau lembaga yang diberi wewenang oleh pemerintah untuk menyimpan dan memelihara surat-surat berharga dan saham-saham asing atas nama pemiliknya (authorized depository).
Lembaga Perantara lembaga keuangan yang menjadi perantara antara pihak kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana (intermediary).
Lembar Jurnal formulir pembukuan dengan lajur tertentu untuk mencatat seluruh transaksi dalam satu hari (journal sheet; proof).
Lembar Penguji lembaran yang digunakan untuk mempermudah pengujian kebenaran suatu pembukuan, juga berfungsi sebagai buku harian; lembar penguji merupakan tembusan dari seluruh pembukuan pada kartu (kartu debitur, kartu kreditur, dan lain-lain) (proof sheet).
Lembar Posisi ikhtisar akuntansi yang disusun untuk menunjukkan sejumlah kewajiban suatu bank atau pedagang valuta asing dalam mata uang asing; lembar posisi. Pada umumnya dibuat secara harian untuk menunjukkan secara tepat posisi bank yang dikaitkan dengan saldo valuta asingnya dan jumlah total dari kewajiban, baik kontrak spot maupun future dalam praktiknya lembar posisi ini merupakan ikhtisar dari buku besar valuta asing dan menunjukkan apakah bank dalam posisi long atau short untuk setiap mata uang asing (position sheet).
Lembaran Negara penerbitan resmi dari pemerintah yang memuat produk perundang-undangan, misalnya undang-undang dan peraturan pemerintah agar setiap orang dapat mengetahuinya (staatsblaad).
Lembur melakukan pekerjaannya melebihi waktu atau jam kerja normal yang ditetapkan oleh perusahaannya (overtime).
Lempira satuan mata uang Honduras (lempira).
Lepas syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan semua biaya setelah barang siap untuk diangkut menjadi tanggungan pembeli; dalam hal ini biaya pembungkusan, biaya penimbangan, dan pemberian tanda ditanggung penjual (of).
Lewah Beli keadaan yang timbul dalam perdagangan valuta asing atau sekuritas yang menggambarkan jumlah pembelian lebih besar daripada jumlah penjualan; dalam industri jumlah pembelian bahan baku atau penolong lebih besar daripada jumlah pesanan hasil produksi; beli lebih (overbought).
Lewah Pekerja keadaan yang memperlihatkan jumlah tenaga yang mengharapkan mendapat pekerjaan atau tenaga yang mencari pekerjaan lebih banyak dari pada kesempatan kerja yang tersedia; kelebihan pekerja (overfull employment).
Lewat Jatuh Tempo pembayaran pinjaman tidak dilakukan sesuai dengan jadwal pembayaran dan dikenakan denda keterlambatan setelah lewat masa kelonggaran yang diizinkan; keterlambatan yang berkepanjangan akan dicatat dalam riwayat kredit penerima pinjaman dan dapat dilaporkan kepada bagian kredit atau agen pelaporan kredit; pinjaman yang telah melewati jatuh tempo dilaporkan pada suatu calI report bank (past due).
Lewat Waktu kegagalan dalam penutupan asuransi karena tidak dibayarnya premi asuransi pada saat jatuh tempo pembayaran premi asuransi yang telah ditetapkan, atau tidak dibayarnya premi asuransi dalam tenggang waktu pembayaran yang diperkenankan oleh perusahaan asuransi (lapse).
Libor suku bunga yang bank-bank utama di London bersedia untuk saling meminjamkan eurodolar (eurodollars) LIBOR digunakan untuk menentukan suku bunga rata-rata pinjaman antarbank di London yang ditetapkan berdasarkan suku bunga yang ditawarkan oleh 16 bank anggota British Bankers Assodation; tingkat bunga LIBOR pada umumnya dijadikan pedoman untuk pemberian pinjaman eurodolar dalam jumlah besar kepada negara dan perusahaan peminjam yang kelayakan kreditnya kurang baik (London interbank offered rate).
Likuid 1. posisi aktiva yang memiliki cukup kas atau harta yang mudah dicairkan menjadi kas untuk memenuhi keperluan pengeluaran; 2. posisi aktiva yang dengan cepat dapat diubah menjadi kas tanpa kerugian yang berarti (liquid).
Likuidasi pembubaran perusahaan sekaligus pemberesan dengan cara melakukan penjualan harta perusahaan, penagihan piutang, pelunasan utang, dan penyelesaian sisa harta atau utang di antara para pemilik (liquidation).
Likuidator orang atau badan yang diberikan wewenang untuk menyelesaikan segala urusan yang berkaitan dengan pembubaran perusahaan (liquidator).
Likuiditas kemampuan untuk memenuhi seluruh kewajiban yang harus dilunasi segera dalam waktu yang singkat; sebuah perusahaan dikatakan likuid apabila mempunyai alat pembayaran berupa harta lancar yang lebih besar dibandingkan dengan seluruh kewajibannya (liquidity).
Lima Kriteria Kelayakan Kredit lima kriteria yang digunakan dalam penilaian terhadap kelayakan kredit peminjam potensial; lima kriteria tersebut adalah karakter, kapasitas, permodalan, jaminan kredit, dan kondisi ekonomi; empat karakter yang pertama dikaitkan dengan kemampuan dan kemauan membayar, sedangkan yang terakhir dikaitkan dengan situasi perekonomian secara umum (five c’s of credit).
Lindung - Pelindung Ahli Waris pengampu atas seorang ahli waris yang masih di bawah umur yang juga dicantumkan namanya dalam wasiat pewaris (testamentary guardian).
Lindung Nilai cegah risiko (hedging).
Lini Kredit sejumlah uang yang disediakan pihak bank kepada seorang peminjam tertentu, biasanya untuk jangka waktu satu tahun; lini kredit umumnya hanya merupakan ikatan moral dan tidak berdasarkan kontrak perianjian (credit line).
Lintah Darat orang atau badan yang usahanya memberikan pinjaman dana kepada orang atau badan lain dengan mengenakan bunga yang sangat tinggi; pemberian pinjaman ini biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan kelemahan atau kesulitan hidup dari peminjamnya; seorang lintah darat tidak jarang mengancam bahkan tak segan-segan mengambil barang-barang milik peminjam apabila terjadi keterlambatan pembayaran (loan shark).
Lira satuan mata uang Italia dan Turki (lira).
Lisensi izin dari pemerintah atau badan lainnya untuk melakukan tindakan tertentu dalam menjalankan usaha (lisence).
Litas satuan mata uang Lithuania (litas).
Loket Layanan pelayanan bank kepada nasabah melalui loket yang disediakan khusus sehingga nasabah tidak perlu masuk ke dalam gedung bank, melainkan cukup melalui loket yang tersedia di bagian luar gedung bank (walk up window).
Luang - Peluang Penunjang Usaha faktor yang dapat dijadikan penunjang bagi pembentukan suatu usaha; misalnya dalam pembukaan kantor cabang suatu bank, faktor yang harus diperhitungkan, antara lain, ialah letak kantor, faktor kependudukan, industri, perdagangan, dan juga jumlah bank lain (catchment area).
Lumsum jumlah uang yang dibayarkan sekaligus, tidak dengan diangsur (lumpsum).
Lunas keadaan selesainya utang karena telah dibayarnya kembali secara penuh; dalam praktik perbankan, warkat utang piutang yang telah dibayar penuh oleh debitur, biasanya dibubuhi tanda “lunas" atau “selesai" (paid in full).
Lunas - Pelunasan pembayaran utang surat berharga atau saham preferen sebelum jatuh tempo dengan nilai pari atau harga premi; saham reksadana dilunasi pada nilai bersih aset jika terjadi likuidasi (redemption).
Lunas- Pelunasan Kredit Sekaligus kredit yang pelunasan pokok dan bunganya dilakukan sekaligus pada saat jatuh tempo; karena debitur sudah tidak memiliki sumber dana untuk pelunasan kreditnya, dilakukan penyesuaian terhadap suku bunga kredit, pencairan aset debitur, atau penjualan agunan yang dikuasai; cara pelunasan kredit seperti ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan pemberian fasititas pinjaman nirkala (evergreen loan) (bullet loan).
Lunas - Pelunasan Sebagian 1. berkurangnya sebagian utang karena nasabah melunasi sebagian dari saldo kartu kredit, hipotek, atau kredit dengan angsuran yang terutang; 2. pendanaan kembali suatu emisi obligasi yang dilunasi dengan emisi obligasi baru yang lebih kecil dalam rangka mengurangi biaya bunga, misalnya suatu perusahaan yang beberapa tahun yang lalu menerbitkan obligasi sebesar Rp 100 juta pada 13%, melunasi kembali utang itu dengan emisi baru Rp 80 juta dengan hasil pendapatan 9% (paydown).
Leading Indicator Indikator Penuntun yang menunjukkan arah variabel acuan ke depan.
Linkage Program Kerja sama bank umum dan BPR yang dilandasi semangat kemitraan yang bersifat symbiosis mutualistic dengan tetap berorientasi pada aspek bisnis.

Tidak ada komentar: