OJK Pedia - L1

Istilah Deskripsi
Laba kelebihan pendapatan dibandingkan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut (profit).
Laba Atau Rugi Di Atas Kertas perkiraan laba atau rugi atas surat berharga yang dimiliki yang sebenarnya belum terjadi; juga disebutkan sebagai keuntungan atau kerugian di atas kertas; ketentuan akuntansi menetapkan hahwa kerugian yang belum direalisasikan dari surat berharga yang disebabkan oleh turunnya harga pasar harus dicantumkan dalam laporan rugi laba meskipun sekuritas tersebut belum dijual (unrealized profit or loss).
Laba Atau Rugi Nyata keuntungan atau kerugian yang terjadi atas penjualan suatu surat berharga yang dijual atau dipindahtangankan dengan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah jika dibandingkan dengan harga beli (realized profit or loss).
Laba Bersih laba bersih yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran utang pajak (net profit).
Laba Ditahan saldo laba bersih setelah dikurangi pajak yang oleh RUPS atau rapat anggota diputuskan untuk tidak dibagikan (retained earning).
Laba Kotor Penjualan laba yang diperoleh dari penjualan dikurangi harga pokok barang penjualan (gross profit on sales/GPS).
Laba Normal jumlah laba yang tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah sehingga suatu usaha masih layak untuk tetap dipertahankan (normal profit).
Laba Operasional laba perusahaan yang diperoleh dari kegiatan usaha pokok perusahaan yang bersangkutan dalam jangka waktu tertentu (net operating income).
Lalu Lintas Giral lalu lintas pembayaran dengan menggunakan bilyet giro, cek, dan alat pemindahbukuan lainnya (giraal verkeer).
Lambang Kata lambang dalam bentuk kata-kata yang menunjukkan suatu pengertian, baik ditulis maupun diucapkan (verbal symbol).
Lambang Pengenal Bertinta Magnet mesin yang digunakan untuk memberikan kode elektronis pada lembaran cek atau bilyet giro sehingga cek atau bilyet giro tersebut dapat dibaca dan diproses secara elektronis dengan menggunakan mesin pemilah cek; mesin ini diperlukan dalam pemrosesan kliring elektronis (magnetic ink character recognition/MICR).
Laping kejahatan yang dilakukan oleh petugas bank untuk menutupi kekurangan kas dengan melakukan penundaan pembukuan penyetoran nasabah atau membukukan jumlah tersebut ke dalam akun nasabah lain (hipping).
Lapor Neraca laporan keuangan bank pada tanggal tertentu yang diminta oleh bank sentral (bank call).
Laporan catatan terperinci mengenai akun seorang nasabah yang meliputi perkiraan debit, peluasan kredit, transfer antar-akun, dan biaya (statement).
Laporan Akun laporan mengenai ikhtisar aktivitas transaksi yang terjadi selama periode akuntansi tertentu, biasanya selama satu bulan, tiga bulan, atau interval waktu tertentu; misalnya, laporan ikhtisar mengenai seluruh cek yang dibayarkan, simpanan, setoran, dan saldo selama periode yang ditetapkan (account statement).
Laporan Akun Nasabah laporan bank yang dibuat untuk kepentingan nasabahnya, berisi perincian pos debit dan kredit setiap transaksi yang dilakukan, berikut jumlah saldo terakhir per tanggal laporan;lihat laporan mutasi akun (bank statement).
Laporan Audit laporan auditor yang menyatakan bahwa pemeriksaan telah dilakukan sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan, disertai dengan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan yang diperiksa; jenis pendapat yang dikenal ialah wajar tanpa syarat (unqualified clean), wajar dengan syarat (qualified), menolak dengan memberikan pendapat (adverse), dan menolak tanpa memberikan pendapat sama sekali (disclaimer) (audit report).
Laporan Audit Khusus laporan audit terbatas, baik ruang lingkup maupun tujuan pemeriksaannya termasuk laporan audit atas lembaga yang tidak bertujuan mencari laba (special report).
Laporan Audit Ringkas standar laporan audit yang terdiri atas dua paragraf; paragraf pertama disebut bagian umum yang menguraikan cara kerja audit; paragraf kedua berisi pendapat dan hasil temuan audit; laporan audit ringkas harus sesuai dengan format standar yang baku; jika basil temuan menunjukkan data yang dilaporkan tidak wajar dan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya, laporan tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku, maka auditor tidak akan memberikan opini (short form audit report).
Laporan Gabungan laporan keuangan yang berisikan perincian aktivitas yang terdiri atas rekening tabungan, deposito berjangka, saldo yang berhubungan dengan kredit yang diperbarui, transaksi perbankan, dan sebagainya dari satu nasabah (combined statement).
Laporan Keuangan laporan mengenai kondisi keuangan suatu badan usaha yang terdiri atas neraca perhitungan L/R, dan informasi keuangan lain seperti laporan mengenai arus kas (cash flow) dan laporan mengenai laba ditahan (financial statement).
Laporan Keuangan Interim laporan keuangan bersifat antarwaktu untuk kepentingan masyarakat pengguna jasa bank dan pihak lain yang terkait, yang meliputi periode bulanan atau triwulanan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan tahunan; laporan keuangan interim wajib disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang sama dengan laporan keuangan tahunan yang sekurang-kurangnya terdiri atas neraca, perhitungan laba rugi, laporan ikat janji atau komitmen dan kontingensi; jika terjadi perubahan dalam prinsip akuntansi, pelaporan pada periode interim harus didasarkan pada prinsip akuntansi yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan terakhir (interim statement).
Laporan Keuangan Konsolidasi laporan keuangan yang mengungkapkan secara jelas posisi keuangan dan hasil usaha induk perusahaan dan anak perusahaan sebagai satu kesatuan (consolidated financial statement).
Laporan Keuangan Publikasi ikhtisar laporan keuangan yang wajib dipublikasikan melalui media massa dalam periode tertentu; laporan tersebut terdiri atas neraca, laporan komitmen dan kontingensi, perhitungan laba rugi dan laba ditahan, laporan arus kas, serta catatan laporan keuangan; laporan ini juga dilengkapi dengan daftar pengurus dan pemegang saham (condensed statement of condition; condensed financial statement/CFS).
Laporan Keuangan Terklasifikasi penyajian aktiva dan kewajiban dalam neraca bank yang disusun menurut urutan likuiditas dan jatuh temponya (classified financial statement).
Laporan Kinerja laporan yang menggambarkan perbandingan antara hasil yang sesungguhnya dari rencana yang dibuat dalam suatu anggaran yang telah disusun sebelumnya (performance report).
Laporan Kredit laporan yang disediakan oleh agen pelaporan kredit atas permintaan pihak yang memberikan pinjaman kepada debitur yang namanya tertera dalam laporan tersebut; laporan tersebut meliputi fasilitas kredit yang dinikmati dari pembayaran utang, termasuk ketepatan, keterlambatan pembayaran, dan tunggakan; di Indonesia informasi kredit dapat diperoleh di Bank Indonesia (credit report).
Laporan Laba Rugi ikhtisar yang memuat perincian pendapatan dan biaya suatu badan usaha pada periode tertentu yang menggambarkan rugi atau laba (profit and loss statement).
Laporan Mutasi Akun laporan yang mencantumkan semua transaksi yang dilakukan oleh pemilik akun, baik penyetoran maupun penarikan, antara lain transaksi transfer, setoran gaji, dan transaksi ATM (descriptive statement).
Laporan Perubahan Modal suatu laporan mengenai perubahan modal suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu, misalnya karena adanya tambahan investasi, penurunan atau peningkatan laba perusahaan, ataupun pengambilan uang untuk keperluan pribadi (capital statement).
Laporan Proforma ikhtisar laporan keuangan yang menunjukkan harta dan utang, atau pendapatan dan pengeluaran yang mungkin diakui pada masa mendatang; laporan ini juga menunjukkan proyeksi pendapatan apabila perusahaan akan merger dengan perusahaan lain, atau penjualan sebagian dan operasinya; perusahaan sering diminta untuk menyampaikan laporan proforma ketika mengajukan aplikasi kredit (pro formo statement).
Laporan Rekening Bulanan laporan bank kepada nasabahnya yang berisi catatan mengenai transaksi selama satu bulan dan posisi keuangan pada akhir bulan bersangkutan (monthly statement).
Laporan Tahunan catatan tahunan yang berisi gambaran kondisi operasional perusahaan atau bank biasanya, terdiri atas neraca dan laporan laba-rugi serta termasuk penjelasan atas operasi perusahaan, biasanya juga dilampiri laporan hasil audit (annual report).
Lari - Pelarian Modal perpindahan uang dalam jumlah besar dari suatu negara ke negara lain untuk mencari keuntungan yang lebih besar atau untuk menghindari kerugian akibat memburuknya ekonomi atau politik di negara asal (capital flight; flight of capital).
Layak Bayar Pramuat pernyataan dengan cap pada surat muatan bahwa biaya pengangkutan dapat dibayar di muka (freight pre-payable).
Layak Kredit penilaian kreditur terhadap watak atau perangai dan kemampuan penyelesaian pinjaman calon debitur; penilaian tersebut digunakan sebagai dasar persetujuan pemberian kredit yang akan diberikan kreditur kepada calon debitur yang bersangkutan (credit worthy).
Layanan Pembayaran bentuk layanan yang melaksanakan pesan atau perintah untuk melakukan pembayaran dari seorang nasabah kepada nasabah lain (payment service).
Layanan Perbankan Rumah pelayanan jasa dengan sistem terminal interaktif yang memungkinkan nasabah bank untuk mengetahui saldo, transfer dana antar-rekening, pembayaran tagihan, dan pelayanan bank lain secara elektronis yang dapat dilakukan dari numah (home banking).
Lebur - Peleburan Usaha peleburan usaha kecil ke dalam perusahaan yang telah mapan sehingga identitas asli dari usaha kecil tersebut tidak tampak lagi (absorption).
Ledakan Kemakmuran suatu masa yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan industri dan perdagangan yang banyak menyerap tenaga kerja, diiringi dengan kenaikan harga dan permintaan atas barang dan jasa; istilah ini juga digunakan untuk menyatakan memuncaknya kegiatan ekonomi di bidang tertentu dengan cepat, misalnya meningkatnya permintaan karet pada saat terjadi Perang Korea (boom).

Tidak ada komentar: