OJK Pedia - W

Istilah Deskripsi
Wajib - Kewajiban tanggung jawab dan kewajiban debitur secara hukum untuk membayar atau melunasi utang pada saat jatuh tempo atau menyetujui untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, dan hak kreditur secara hukum untuk memaksakan pelaksanaannya kepada debitur dalam hal debitur tidak memenuhi kewajibannya (wanprestasi) (obligations).
Wajib - Kewajiban Bersyarat kewajiban yang mungkin timbul akibat terjadinya kewajiban lain yang belum pasti (contingent liability).
Wajib - Kewajiban Peka Perubahan Bunga penetapan suku bunga secara mengambang yang nilainya dipengaruhi oleh perubahan tingkat suku bunga pasar untuk instrumen penanaman jangka pendek (interest sensitive liabilities).
Wajib - Kewajiban Tak-Terbatas kewajiban pemilik perusahaan perseorangan ataupun perusahaan badan hukum lain yang dijamin dengan seluruh harta perusahaan termasuk harta pribadinya; hal ini berbeda dengan kewajiban pemegang saham pada perseroan terbatas yang kerugiannya ditanggung hanya sebatas investasinya dalam perusahaan tersebut (unlimited liability).
Wajib - Kewajiban Utama kewajiban yang diprioritaskan pembayarannya di antara kewajiban lain; misalnya, pembayaran pajak yang terutang pada perusahaan yang dilikuidasi (primary liabilities).
Wajib Pajak subjek yang diwajibkan untuk membayar pajak, misalnya pajak atas kekayaan yang dimilikinya dan atas pendapatan atau laba yang diperolehnya (tax payer).
Waktu Tenggang penundaan pembayaran utang pokok ataupun bunga, biasanya antara 10-15 hari setelah tanggal jatuh tempo pembayaran yang diperjanjikan; dalam masa tenggang tersebut tidak dikenakan penalti ataupun denda keterlambatan pembayaran; biasanya, masa tenggang yang diberikan oleh kreditur internasional seperti Bank Dunia atau IMF, diberikan dalam hitungan tahun (days of grace).
Wali Amanat kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh bank umum untuk mewakili kepentingan pemegang surat berharga berdasarkan perjanjian antara bank umum dan emiten surat berharga yang bersangkutan (trustee).
 Wali Khusus seorang pengampu atau wali yang ditetapkan oleh pengadilan untuk mewakili hak-hak seseorang yang berada di bawah pengampuan (special guardian).
 Wall Street nama jalan di Down Manhattan di Kota New York, Amerika Serikat, terkenal sebagai pusat keuangan (Wallstreet).
Waralaba hak istimewa yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lain atau perseorangan untuk menjual produk yang sama di tempat tertentu (franchising).
Waran 1. surat utang jangka pendek yang diterbitkan oleh pemerintah atau pemerintah daerah untuk membayar utang, yang pembayaran kembalinya berasal dari sumber tertentu, misalnya surat utang yang diterbitkan dalam rangka mengantisipasi pendapatan pajak penghasilan atau pendapatan kas lainnya pada masa yang akan datang; 2. sertifikat yang memberikan hak kepada pembawanya untuk membeli sekuritas, emas atau komoditas lain pada suatu tingkat harga, jangka waktu tertentu atau suatu saat pada masa yang akan datang; disebut juga subcription warrant; harga penawarannya, biasanya, di atas harga pasar yang berlaku; hal ini berlawanan dengan suatu penawaran surat berharga baru yang biasanya ditawarkan di bawah harga pasar; instrumen ini ditawarkan kepada masyarakat dalam bentuk yang dapat diperdagangkan secara bebas pada pasar modal; surat hak beli (saham) (warrant).
Warkat instrumen perbankan, antara lain cek dan inkaso, yang menggambarkan dana yang belum diterima; kertas berisi keterangan mengenai suatu peristiwa untuk dipakai sebagai bukti, seperti warkat kliring, warkat inkaso, warkat dalam penyelesaian, kuitansi, dan kartu pegawai (item, document).
Warkat Ambang wesel, cek, dan surat berharga lainnya yang sedang dalam proses penyelesaian; warkat dalam penyelesaian (float).
Wasiat pernyataan tertulis mengenai kehendak seseorang tentang sesuatu yang harus dilakukan terhadap harta bendanya setelah ia meninggal dunia (will).
Wewenang Meminjam kekuasaan yang diberikan oleh ketentuan yang sah dari seseorang, organisasi untuk meminjam sejumlah uang kepada pihak lain (bank); dalam organisasi wewenang seperti ini dijalankan oleh direktumya (borrowing powers).
Wesel Antisipasi wesel yang dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran (anticipated acceptance).
Wesel Atas Unjuk wesel yang segera dapat dibayarkan pada saat diajukan; wesel ini digunakan jika penjual ingin tetap memegang kendali atas barang yang sedang dikirim kepada importir atau eksportir, baik untuk alasan kredit maupun untuk tetap menguasai hak kepemilikan atas barang; pembayaran dilakukan pada saat wesel diunjukkan (disajikan) atau pada saat dokumen yang telah lengkap disajikan, atau dalam masa tenggang tertentu (sight draft).
Wesel Bank wesel yang diterbitkan oleh bank dalam rangka penjualan tagihan oleh bank kepada Bank Indonesia (bank draft).
Wesel Bayar janji tertulis tanpa syarat yang ditandatangani oleh seseorang untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal yang telah ditetapkan dalam surat wesel tersebut (note payable).
Wesel Berjangka surat wesel dengan syarat pembayaran pada tanggal tertentu, beberapa hari setelah ditandatangani atau beberapa hari setelah diunjukkan (usance draft).
Wesel Dagang wesel yang ditarik oleh penjual, yang diaksep oleh pembeli (trade acceptance).
Wesel Dolar surat aksep dan wesel yang diterbitkan di suatu negara, tetapi dibayarkan di Amerika Serikat atau negara lain dalam valuta dolar AS atau diterbitkan di AS, tetapi dibayarkan di negara lain dalam valuta dolar AS (dollar exchange).
Wesel Jangka Panjang wesel yang benjangka waktu minimum 30 hari; biasanya, wesel jangka panjang ini ditarik antara 60 hingga 90 hari setelah ditunjukkan; untuk perdagangan yang memerlukan waktu pengapalan yang cukup lama, wesel ini biasanya ditarik antara empat hingga enam bulan setelah ditunjukkan (long-dated paper).
Wesel Tagih wesel yang diterima bank dan nasabahnya untuk ditagihkan melalui bank koresponden luar negeri dan atau dalam negeri; dikirim oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan seperti perintah untuk membayar sejumlah tertentu yang tertera dalam wesel tersebut (contoh bill of exchange, cek, postal orders) atas suatu transaksi (reimbursement draft; bills for collection).
Wesel Tagih Ke Luar wesel tagih yang untuk pencairannya akan ditagihkan melalui kantor cabangnya atau melalui bank lain (out bills of collection; bills remitted).
Wesel Mutu Tinggi surat wesel yang memiliki kualitas atau mutu tinggi karena bonafiditas penarik, pengaksep, dan endosannya (gilt edged).
Wesel Utang perjanjian tertulis untuk membayar sejumlah dana tertentu pada waktu yang telah ditetapkan (notes payable).
Wirausaha seseorang yang atas inisiatifnya dengan memperhatikan risiko kerugian keuangan yang mungkin dideritanya mendirikan suatu usaha yang dikelola sendiri (entrepreneur).
Won satuan mata uang Korea (won).
Wadiah (Sejenis Giro) akad penitipan antara bank atau pihak penerima titipan dengan nasabah, yang setiap saat harus dikembalikan apabila nasabah yang bersangkutan menghendaki.
Wadiah penitipan dana atau barang dari pemilik dana atau barang pada penyimpan dana atau barang dengan kewajiban pihak yang menerima titipan untuk mengembalikan dana atau barang titipan sewaktu-waktu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo,
Saya Mira Bell, pemberi pinjaman pinjaman pribadi memberi kesempatan hidup.
Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda?
Kamu telah ditolak oleh
Bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
Tidak terlihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami
memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan,
yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan,
untuk berinvestasi di bisnis dengan tarif 2%. Kami memberikan bantuan yang andal dan tepat sasaran serta bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail: Mirabelloanfirm@gmail.com

Data pribadi:

1) Nama Lengkap: .............................. ............... ..........
2) Negara Bagian: .............................. ................ ........... ..
3) Alamat: .............................. ................ ............
4) Negara: .............................. ................ ................
5) Jenis Kelamin: .............................. ................ .............. ....
6) Status Perkawinan: .............................. ............... ....
7) Pekerjaan: .............................. ................ .. .....
8) Nomor Telepon: .............................. ............... ...
9) Kantor sedang bekerja: .....................
10) Penghasilan Bulanan: .............................. ...............
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .............................. .......
12) Durasi Pinjaman: .............................. ............... ...
13) Tujuan pinjaman: .............................. ............ ..
14) Agama: .............................. ................ ..... .....
15) Sudahkah anda melamar sebelum ........................ .........

Terima kasih,
Mirabell.